Pendidikan dan Pengajaran


Saya Yuwenti Rifaldiyah kelas 7C, hari ini saya akan mereportase hasil pembelajaran pada mata kuliah Filsafat Pendidikan yang dilaksanakan pada hari selasa 30 oktober 2018 yang di ampu oleh Bapak  Moh. Aniq Kh. B,M.Hum. beliau menyampaikan tentang pendidikan dan pengajaran, bahwa pendidikan adalah suatu tempat dimana seseorang dapat mengembangkan potensi diri yang dimilikinya, dan pendidikan merupakan laku dari manusia. Sejatinya pendidikan berasal dari Tuhan, Tuhan itu yang mengenyang pendidikan yang kemudian di terapkan dalam kehidupan manusia. Dalam bahasa arab pendidikan dikenal sebagai ilmu tarbiyah “rabb” atau “rabbun” yang berarti mengayomi, dalam bahasa Al-qur’an pendidikan disebut sebagai “adab” yaitu akumulasi dari individu-individu manusia yang mencerminkan perilaku mereka-mereka dan siapa diri mereka. Sedangkan pengajaran itu bagian dari pendidikan yang berarti memberikan pengetahuan, menerapkan laku dan memberikan tuntunan.
Contoh: seorang anak kecil yang mengadakan pesta ulang tahun dan ingin mentraktir teman-temannya dengan makanan dari restoran, kemudia dia tidak beli sendiri melainkan pesan dari “go-food”, go-food tersebut mengalami masalah sehingga dalam mengantar makanan lama, anak tersebut marah-marah dengan bapak go-food tersebut karena mengantak makanannya lama.
 Sepantasnya anak tidak melakukan hal seperti itu terhadap orang yang lebih tua, ini merupakan pengajaran tingkah laku terhadap anak, anak akan meniru perilaku orang tuanya jika orang tuanya tidak mengajarkan pendidikan yang baik. Pendidikan sekarang sangat miris, karena karakter anak-anak sekarang semakin buruk seiring berkembangnya zaman dan pengaruh globalisasi. Hendaknya guru selain mengajarkan materi pelajaran juga harus mengajarkan pendidikan karakter kepada anak didiknya, supaya membentuk pribadi dengan karakter yang baik. Sekian reportase dari saya, wassalamualaikum wr.wb.

Artikel terkait lainnya


14120086 MIA TRISTIANA
15120131 AHMAD HIDAYAT
15120139 DICKRI TIFANI BADI
15120206 PUTRI AMALIAH
15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal-usul Ilmu Mata Kuliah Filsafat pendidikan

Manusia sebagai Titah Tuhan